Wajah Baru Layanan KUA Pasca Terbitnya PP 48 Tahun 2014 - KUA ASEMBAGUS

Wajah Baru Layanan KUA Pasca Terbitnya PP 48 Tahun 2014

Sebelum PP 48 Tahun 2014 Tentang Biaya Nikah dan Rujuk terbitsetiap ketemu orang KUA, yang ditanyakan hanya satu, “Pak kapanPP nya keluar?”. Jawaban saya paling-paling beginisemoga cepatkeluarDalam hati kadang terbersitemangnya gak ada pertanyaanlain ya? Kok berbulan-bulan tanyanya itu-itu ajaUps!

Yaterbitnya PP 48 yang ditandatangani presiden tanggal 27 Juni2014 memang sangat ditungguMungkin PP ini bisa disebutsebagai “regulasi emas” bagi KUA pasca pelarangan “salamtempel” untuk penghuluSelain menjawab problem nikah di luarkantor dan di luar jam kerja, PP ini menjadi payung untukmencegah “pungli” dan gratifikasi.

Nah, ketika PP 48 ini benar-benar terbitdisusul Surat EdaranSekjen Kemenagdan tidak lama lagi terbit PMA tentangPengelolaan PNBP NR, terus bagaimana kira-kira wajah layanan KUA nantinyaApakah masih seperti lagunyaDian Piesesha “Aku Masih Seperti yang Dulu” atau memiliki wajah layanan baru?

Seperti kita ketahuiKemenag terus membenahi kualitas layanan kepada umatKUA sebagai etalaseKemenag terus mendapat perhatiantermasuk keinginan mengangkat citra baru KUA sebagai lembaga yang bersih dan melayaniBerbagai kebijakan pun telah diambilseperti pembangunan fisik terkait rehabilitasisarpras KUApembangunan gedung barumodernisasi layanan administrasi berbasis IT, dan lain-lain. Semuaitu bertujuan untuk mengembangkan peran Kemenag dan mengembalikan citra sebagai pelayanan umat(khadimul ummah).

Terkait dengan telah terbitnya PP 48 Tahun 2014, kira-kira wajah baru layanan KUA seperti apa dalampelayanan pernikahanMenurut sayasetidaknya ada tiga hal baru yang akan mendapat perhatian KUA dalampelayanan publiknya.

Pertamameminimalisir penyimpangan keuanganSebagaimana akan diatur dalam PMA tentang pengelolaanPNBP NR, bahwa pembayaran NR di luar kantor oleh Catin harus melalui bank yang ditetapkan oleh Sekjenyaitu Bank BRIBNIMandiridan BTNIni merupakan cara baru pembayarandimana uang tidak diterimakankepada petugas KUADengan cara ini maka kemungkinan “penyimpangan” dapat diminimalisirTentupeluangnya masih terbukanamun setidaknya orang berfikir dua kali untuk melakukannya.

Demikian juga bagi masyarakatbiaya nikah yang diumumkan secara transparan melalui banner-banner ZonaIntegritas dan dibayarkan melalui bank, setidaknya akan memulihkan kepercayaan publik bahwa KUA tidak“main-main” lagi dengan biaya NR. Jika toh masih ada oknum yang nekatmasyarakat dapat dengan mudahmengajukan komplain atau membawa ke ranah hukum.

Kedualayanan nikah sejatinya gratis. Untuk layanan pernikahan di kantor sama sekali tidak dikenakan biaya(gratis), baik bagi keluarga miskinmaupun kaya. Yang pentingnikah dilaksanakan di kantor KUADemikianjuga nikah di luar kantor juga sejatinya gratis, hanya saja dikenakan biaya sebesar Rp 600 ribu bukan sebagaipembayaran biaya pencatatan nikahnyanamun sebagai pengganti transportasi dan jasa profesi bagipenghulu yang menikahkan di luar kantor dan di luar jam kerjaDari aspek inipencatatan nikahnya tetapgratis atas dasar Undang-undang yang mengatur tentang kependudukan yang tidak membolehkan pungutanbiaya kepada publik.

Kebijakan ini sesungguhnya sebagai terobosan pentingdimana pemerintah memberikan layanan publiksecara cuma-cumaDalam banyak aspekpemerintah juga dituntut menggratiskan biaya sekolah SD-SMPjaminan kesehatan bagi keluarga miskindan layanan sosial lainnyademikian juga dalam layananadministrasi pernikahanMelalui layanan free ini maka citra pemerintah akan semakin baik di mata publik.  

Ketigamodernisasi layanan berbasis IT. Seiring dengan tekad Bimas Islam yang ingin meningkatkanpelayanan di KUA melalui SIMBIkhususnya Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), dengan polapembayaran melalui setor bank, maka ke depan pembayaran akan dapat diintegrasikan dengan aplikasiSIMKAH secara real-time (online)Jika seluruh jaringan SIMKAH di Indonesia telah terhubung dengan sistemperbankan penerima setoran PNBP NR yang ditetapkan Sekjen Kemenagmaka KUA telah bermetamofosismenjadi lembaga pleyanan publik yang modern.

Ketiga hal tersebut merupakan wajah baru layanan KUA pasca terbitnya PP Nomor 48 Tahun 2014 yang mengarah pada upaya peningkatan kinerja melalui: (a) pelaksanaan pakta integritas untuk menghindaripenyimpangan atas biaya pernikahan; (b) penyediaan layanan publik KUA secara gratis dan terbukaberasaskan persamaan hak masyarakatdan (c) transparansi pengelolaan dana PNBP NR yang terhubungmelalui teknologi informasi.   

Melalui terbitnya PP Nomor 48 Tahun 2014 inimaka wajah baru layanan KUA ke depan akan semakinamanah dan profesional  dengan motto utama Kementerian Agama“Ikhlas Beramal”Wallahu a’lam.(bieb/foto:koleksi-pribadi)
Share on Google Plus

About KUA ASEMBAGUS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment